Senin, 18 Mei 2015

TUGAS ONLINE-3 PERTEMUAN KE-8 (AKUNTANSI KEUANGAN RUMAH SAKIT)



NAMA             : SAROH KUSWANTI
NIM                 : 2014-31-285
SEKSI              : 10
TUGAS ONLINE-3 PERTEMUAN KE-8 (AKUNTANSI KEUANGAN RUMAH SAKIT)

Berikut adalah transaksi yang terjadi pada Klinik “Kasih Husada”
1.    Dr. Asikin mendirikan Klinik Kasih Husada pada tanggal 1 Mei 2009 dengan modal Rp. 200.000 yang disimpan dalam bentuk deposito di bank Danamon.
2.    Klinik Kasih Husada membayar sewa gedung 24.000,- untuk 2 bulan.
3.    Klinik Kasih Husada membeli peralatan medis 80.000,- dan non medis 40.000,- dengan tunai.
4.    Klinik Kasih Husada membeli perlengkapan medis senilai Rp. 6.000,-
5.    Klinik Kasih Husada membeli perlengkapan kantor senilai Rp 2.000,- dengan perjanjian pembayaran dilaksanakan pada bulan berikutnya.
6.    Sebagian hutang tersebut dibayar dengan jumlah Rp. 1.200,-
7. Selama bualan Mei tersebut Klinik Kasih Husada menerima pendapatan jasa pemeriksaan kesehatan sejumlah Rp. 46.500,- secara tunai dan masih memiliki tagihan atas pendapatan jasa senilai Rp. 12.000,-
8.    Berbagai macam beban yang dikeluarkan perusahaan selama bulan tersebut antara lain:
Gaji dan Upah Rp. 5.400,-,Listrik dan air 1.600,-Telepon 500,-, Pemasangan Banner 240, sumbangan lingkungan 120.
9.    Diketahui nilai perlengkapan pada akhir bulan tinggal Rp 900,-.
10. Ditaksir penyusutan peralatan Medis dan Non medis pada bulan tersebut Rp. 2.000,-
11. Pada Akhir bulan Dr. Asikin mengambil uang dari kas Klinik Kasih Husada sebesar Rp. 1.500,- untuk kepentingan Pribadinya.
Diminta:
Dengan membedakan jurnal umum dan penyesuaian, catatlah transaksi tersebut pada :
1.    Jurnal Umum
2.    Jurnal Penyesuaian



1.    Jurnal Umum
NO
DATE
DESCRIPTION
REF
DEBET
CREDIT
1
1/05/2009
CASH

200.000



BUILDING


200.000








CASH

24.000



PREPAID RECEIVABLES


24.000








CASH

120.000



MEDICAL EQUIPMENT


80.000


NON MEDICAL


40.000








CASH

6.000



MEDICAL SUPPLIES


6.000








OFFICE SUPPLIES

2.000



ACCOUNT PAYBLE


2.000








ACCOUNT PAYBLE

1.200



CASH


1.200








CASH

46.500



MEDICAL SERVICE REVEINUE


46.500


ACCOUNT PAYBLE

12.000



CASH


12.000








SALARIES EXPENSE

5.400



UNTILITIES EXPENSE

2.100



CASH


7.500


BANNER

240



ENVIRONMENTAL CONTRIBUTION

120



CASH


360








CASH

900



EQUIPMENT


900








CASH

2.000



MEDICAL EQUIPMENT AND NON MEDICAL


2.000








WITHDRAWING/DRAWING

1.500



CASH


1.500
TOTAL
423.960
423.960



2.    Jurnal Penyesuaian
NO
DATE
DESCRIPTION
REF
DEBET
CREDIT
1
1/05/2009
CAPITAL STOCK

200.000



CAPITAL


200.000








RENT EXPENSE

24.000



PREPAID RECEIVABLES


24.000








PURCHASE INVOICE

120.000



MEDICAL EQUIPMENT


80.000


NON MEDICAL


40.000








PURCHASE INVOICE

6.000



MEDICAL SUPPLIES


6.000








SUPPLIES EXPENSE

2.000



ACCOUNT PAYBLE


2.000








ACCOUNT PAYBLE

1.200



ACCRUED EXPENSED


1.200








EXPENSE SERVICE

46.500



MEDICAL SERVICE REVEINUE


46.500


ACCOUNT PAYBLE

12.000



SALARIES PAYABLE


12.000








SALARIES EXPENSE

5.400



UNTILITIES EXPENSE

2.100



ACCRUED EXPENSED


7.500


BANNER

240



ENVIRONMENTAL CONTRIBUTION

120



ACCRUED EXPENSED


360








SUPPLIES EXPENSE

900



EQUIPMENT


900








DEPRECIATION EXPENSE OF EQUIPMENT

2.000



MEDICAL EQUIPMENT AND NON MEDICAL


2.000








WITHDRAWING/DRAWING

1.500



DRAWING/WITHDRAWL


1.500
TOTAL
423.960
423.960

Tidak ada komentar:

Posting Komentar